Adab-Adab Dalam Berdoa

Adab-Adab Dalam Berdoa
Doa adalah salah satu ibadah. yang menjadi seorang hamba semakin dekat dengan Sang Pencipta. ketika seorang hamba menghadap kepada Penciptanya dengan merasa penuh kelemahan, memohon kepada-Nya yang Maha Kuat dan Sempurna. dalam doa terdapat pengagungan terhadap Allah karena doa adalah ibadah.

Ada 3 (tiga) kemungkinan ketika seseorang berdoa dengan penuh rasa membutuhkan, yaitu : Dikabulkannya doa tersebut, atau Allah akan menggantikan seperti yang di minta karena Allah maha mengetahui akan setiap kebutuhan hamba-Nya, atau Allah akan menjadikannya sebagai tabungan baginya untuk hari akhir nanti.

Dalam doa juga terdapat adab-adab yang sepatutnya dipraktekkan seorang yang ingin berdoa. Adab-adab tersebut adalah sebagai berikut :

1. Menjadikan makanan, tempat tinggal dan pakaiannya dari hasil yang halal.
Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

أَيُّهَا النَّاسُ : إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَل إِلاَّ طَيِّبًا ، وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ ، فَقَال تَعَالَى : { يَا أَيُّهَا الرُّسُل كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا } وَقَال تَعَالَى : { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ } ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُل يُطِيل السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ، يَا رَبِّ ، يَا رَبِّ ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ ، وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ ، وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ ، وَغُذِّيَ بِالْحَرَامِ ، فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ .

Artinya : “Wahai manusia; sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang beriman sebagaimana memerintahkan para rosul. Allah berfirman (yang artinya) : “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang sholeh.” (QS Al-Mu’minun : 51) dan juga berfirman (yang artinya) : “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu.” (QS Al-Baqoroh : 172) kemudian beliau menyabutkan tentang seseorang yang sedang bepergian jauh yang kelihatan acak-acakan dan berdebu, sedang mengangkat tangannya keatas langit berdoa, ya Robb, ya Robb. akan tetapi makanannya dari (hasil) yang haram, minumannya (juga) dari (hasil) yang haram, pakaiannya (juga) dari (hasil) yang haram, dan penghasilannya dari yang haram, bagaimanakah bisa dikabulkan (doanya)?!” (HR Muslim)

2. Berdoa pada waktu-waktu yang dimuliakan seperti hari arafah untuk tiap tahunnya, bulan Ramadhan untuk bulannya, hari jum’at untuk mingguannya, dan waktu sahur pada tiap harinya.

Allah berfirman :
وَبِالأَْسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya : “Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS Adz-Dzariyat : 18)

3. Berdoa pada momen-momen penting.
Abu Hurairah berkata : “Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka ketika tergoncangnya barisan-barisan dalam peperangan, dan ketika turunnya hujan, dan ketika sholat wajib. maka perbanyaklah berdoa dalamnya.

Juga memperbanyak doa ketika dalam keadaan sujud dalam tiap sholat. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Artinya : “Paling dekatnya seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika dia sujud, maka perbanyaklah doa.” (HR Ahmad, Muslim, An-Nasai dan Abu Daud)

4. Mengangkat kedua tangan ketika berdoa.
Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

إِنَّ رَبَّكُمْ حَيِيٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِي مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا

Artinya : “Sesungguhnya Tuhan kalian itu Maha Pemalu dan Mulia, Dia malu ketika melihat hamba-Nya mengangkat tangannya kepada-Nya dan tidak mengkabulkan.” (HR Abu Daud Dan Tirmidzi)

5. Berdoa dengan suara yang lembut.

Allah berfirman :
ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً

Artinya : “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.” (QS Al-A’raf : 55)

Doa adalah senjata bagi orang yang beriman. banyak berdoa dan senantiasa memohon akan mendekatkan diri kita kepada Allah. tanpa berputus asa dan selalu berdoa disetiap hal yang kita inginkan dalam kebaikan.
\
Read more: http://www.artikelislami.com/2010/04/adab-adab-dalam-doa.html#ixzz1aC0Jaf5d

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: